ALLCOMA

Penambahan wawasan, sudut pandang, dan cara berfikir agar hidup lebih bermakna

Jumat, 02 Desember 2011

GEOLOGI DASAR

Apa sih geologi itu? Geologi itu mempelajari apa? Geologi ngapain sih? Perlukah kita mempelajari Geologi?


Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti terbenak dalam pikiran kita bila kita awam seputar ilmu Geologi. Maka saya aka sedikit memberikan ulasan sedikit tentang ilmu geologi :)


Oke, kita tinjau dari arti harafiah kata Geologi ya. Geologi berasal dari bahasa Yunani: γη=ge, "bumi" dan λογος=logos, "ilmu". Maka menurut arti kata Geologi adalah Ilmu yang mempelajari Bumi. Arti luasnya Geologi adalah Ilmu yang mempelajari Bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Arti sempitnya adalah bidang Ilmu yang mempelajari kenampakan Bumi beserta isinya dari mulai inti bumi hingga lapisan terluar bumi (litosfer), struktur, sifat fisik batuan, dan sejarah maupun proses pembentukannya. Seorang pakar Geologi biasa disebut Geologist atau Geologiwan.


Ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Geologi adalah Geomorfologi, Paleontologi, Stratigrafi, Geologi Struktur, Tektonika, Petrografi, Mineralogi, Geologi Sejarah, Vulkanologi, Geologi Teknik, Oseanografi, dll.


Karena banyaknya ilmu yang berkaitan dengan Geologi maka pembahasan Geologi pun jadi luas sekali. Sebagai contoh bila kita membahas tentang Petrologi, kita akan akan mempelajari Petrologi batuan sedimen. Disini kita berbicara batuan sedimen yaitu, batuan yang terendapkan dan tersebar 70% dari jumlah batuan yang terdapat di Bumi. Dalam batuan sedimen ini kita pun dapat mempelajari Batubara dan Minyak&Gasbumi sebagai mineral sumberdaya energi. Karena Batubara dan Minyak&Gasbumi berasal dari batuan sedimen.


Geologi pun dapat diaplikasikan dalam banyak hal di kehidupan sekarang. Sebagai contoh untuk membuat pembangunan didapat dari pembahasan Geologi Teknik. Bencana Gunung api dapat dipelajari dari Vulkanologi. Sumberdaya Alam dapat dipelajari dari Geologi Batubara, Geologi MIGAS, Geologi Sumberdaya Alam, Geologi Eksplorasi, dll.


Kebutuhan perusahaan-perusahaan dalam aspek Geologi pun semakin meningkat. Perusahaan yang bergerak di bidang MIGAS, Batubara, Vulkanologi, Hidrologi pun mencari Geologist handal untuk menaungi perusahaan tersebut.


Ternyata banyak bukan fungsi dari ilmu Geologi? Di sini saya akan menceritakan sedikit tentang masing-masing ilmu yang berkaitan dengan Geologi agar kita dapat memahami betapa menariknya Bumi kita ;) Maka mari kita belajar Geologi :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar