ALLCOMA

Penambahan wawasan, sudut pandang, dan cara berfikir agar hidup lebih bermakna

Rabu, 25 September 2013

BASE LEVEL dan ACCOMODATION

Dalam mempelajari Sedimentologi dan Stratigrafi kita akan berhubungan dengan Ruang dan Waktu. Dan kedua aspek tersebut masuk ke dalam Accomodation (Akomodasi) dan Base Level. Tetapi, sebelum membahas Akomodasi dan Base level, kita harus paham dengan Sedimentary Environment (Lingkungan Sedimentari) terlebih dahulu, yang akan saya terangkan lewat gambar yang satu ini:


Yang biasa kita pelajari mungkin mengenai Depositional Environment, nah kali ini saya berikan gambaran mengenai Sedimentary Environment. Jadi, di kerak bumi ini terjadi aktifitas Sedimen yang berupa pengendapan, erosi dan tidak ada pengendapan dan erosi. Depositional Environment merupakan Lingkungan pengendapan. Suatu lingkungan atau tempat yang mampu melakukan aktifitas pengendapan. Erosional Environment merupakan Lingkungan Erosi, tempat atau lingkungan yang mampu melakukan aktifitas Erosi. Darimana kita tahu lingkungan yang dapat terjadi erosi atau pengendapan? Hal tersebut dibatasi oleh Equibrium Environment yang tak lain suatu daerah yang tidak terkena erosi maupun pengendapan. Masih kurang paham? Saya akan berikan gambar mengenai Equibrium Environment agar lebih jelas.



maka :


Jadi base level memiliki pengaruh terhadap pengendapan dan erosi. Dan base level berpengaruh terhadap Akomodasi. Lalu apa yang disebut Akomodasi?

Akomodasi didefinisikan sebagai ruang yang tersedia untuk akumulasi sedimen dalam suatu waktu (Jervey, 1988). Akomodasi dikntrol oleh base level, karena untuk dapat terakumulasi, sedimen membutuhkan ruang dan ruang tersebut berada di bawah base level. Untuk daerah pesisir, base level dapat dikaitkan dengan muka air laut. di bawah muka air lautlah sedimen dapat terendapkan. Apa saja yang mempengaruhi Akomodasi?





Semoga dengan materi ini bisa menambah pengetahuan untuk berkegiatan Geologi ya. Kata siapa belajar Geologi itu sulit?! :D

Sumber: 
1. Sequence Stratigraphy.1996.Emery, Myers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar