ALLCOMA

Penambahan wawasan, sudut pandang, dan cara berfikir agar hidup lebih bermakna

Selasa, 24 September 2013

RELATIVE SEA LEVEL, EUSTASY, WATER DEPTH

Dalam pembahasan Stratigrafi, terutama Sikuen Stratigrafi kita akan berkenalan dengan Eustasy, Water Level dan Relative Sea Level. Apa arti dari ketiga aspek tersebut? Mari kita bahas.

1. Eustasy (Guntara, Eustasi, Global Sea Level)
Yaitu perubahan muka air laut secara Global. Pengukuran ini dilakukan dengan menghitung jarak dari Datum tetap (pusat bumi) hingga muka air laut. Karena Datum nya tetap (pusat bumi tetap, tdak berpindah - pindah) maka pengukuran untuk Eustasy dapat diterima secara umum atau Global (seluruh dunia).

2. Water Depth (Kedalaman)
Yaitu kedalaman laut secara lokal. Pengukuran ini dilakukan dengan menghitung jarak dari Datum lokal (permukaan bumi; dasar laut) hingga muka air laut. Karena Datumnya berubah ubah (dasar laut) maka pengukuran untuk Water Depth tidak dapat disepakati untuk Global. Datum dari Water Depth adalah permukaan dasar laut yang variabel nya akan selalu berubah tergantung kondisi influx sedimen atau ketebalan dari sedimen tersebut, dan hal - hal yang mempengaruhi Muka Air Laut Relatif, yang menyebabkan pengukuran ini hanya berskala lokal.

3. Relative Sea Level (Muka Air Laut Relatif)
Yaitu perubahan muka air laut secara lokal. Yang membedakan dengan Water Depth adalah pengukuran ini dilakukan dengan menghitung jarak dari Datum lokal (sedimentasi di kerak bumi; bagian atas batuan dasar) hingga muka air laut. Hal - hal yang mempengaruhi Muka Air Laut Relatif seperti subsidensi, pengangkatan, kompaksi, dll. Yang menyebabkan pengukuran ini pun hanya berskala lokal. 

Dari ketiga aspek dasar tersebut, kita akan berfokus kepada Relative Sea Level (Muka Air Laut Relatif). Kenapa? Karena Muka Air Laut Relatif bertujuan untuk mengetahui ketebalan sedimentasi yang berkembang di daerahnya. Bagaimana cara megetahui nya? Secara ringkas seperti ini.

RELATIVE SEA LEVEL - WATER DEPTH = SEDIMENTARY THICKNESS

Walaupun hal ini akan berkaitan dengan waktu, rentang waktu, besar ruang pengendapan, dll.

Jadi muka air laut relatif selalu berkaitan dengan waktu dan ruang. Waktu pengendapan untuk mengetahui lama pengendapan, ruang pengendapan untuk mengetahui seberapa luas pengendapannya. Contoh satuannya yaitu km2/ juta tahun. 

Untuk lebih mengerti maka saya akan memberikan 2 gambar mengenai kedalaman dan muka air laut relatif.


WATER DEPTH ATAU KEDALAMAN














RELATIVE SEA LEVEL ATAU MUKA AIR LAUT RELATIF












Semoga dengan materi ini bisa menambah pengetahuan untuk berkegiatan Geologi ya. Kata siapa belajar Geologi itu sulit?! :D



Sumber:
1. http://strata.uga.edu/sequence/accommodation.html
2. Sequence Stratigraphy.1996.Emery, Myers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar